Minggu, 16 Oktober 2011

Tugas Membuat Gambar Papan Catur Dengan openGL

Tugas Komputer Grafik selanjutnya adalah membuat sebuah gambar papan catur dengan kotak sebanyak 9x9, dengan window size 800x800 dan position 100x100. Selain itu menggunakan glVertex2f dan glColor3f (1.0,0.0,0.0). Dan mengisinya kotak tersebut dengan NRP dan simbol. NRP aku adalah 109. setiap kotak terisi 1 karakter saja. Bingung gimana cara buatnya.
Setelah mencari pada beberapa referensi dan membacanya, akhirnya ditemukan juga cara membuatnya dengan menggunakan glVertex2f kemudian mulai kebingungan lagi bagaimana cara membentuk kotak putih dan hitam dengan glVertex2f juga mengisinya dengan karakter pada setiap kotaknya. Baca... Baca... dan Baca.... ternyata....

glVertex2f itu merupakan perintah untuk membuat titik pada suatu koordinat sumbu x dan y. Misalnya saja glVertex2f (10.,10.); artinya titik tersebut berada pada titik 10 sumbu x dan titik 10 pada sumbu y. Kemudian mencari tau lagi bagaimana cara membuat kotak kecil dan karakter di dalamnya.
Muncul ide untuk mensiasati itu dengan menggunakan glVertex2f dan glBegin(GL_QUADS)
GL_QUADS akan membentuk kotak jika terdapat 4 glVertex. Aku gambar di kertas dan menghitung titik koordinatnya sebelum aku masukkan sebagai perintah.
Dimulai dari membuat kotak putih kecil, kemudian angka 1, angka 0, angka 9, dan sebuah simbol. Simbol disini aku isi dengan huruf N. Dan hasilnya adalah




1 komentar:

 

Copyright © Nuri's Blog Design by Free CSS Templates | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger