Minggu, 09 Oktober 2011

Web Semantik

Komputer grafik pertemuan ke-tiga ternyata diliburkan. Tapi gak ada yang tau. Kebetulan ada Seminar Web Semantik dan dijadikan tugas untuk membuat resume tentang Seminar Web Semantik. Pemateri Seminar Web Semantik adalah Daniel Siahaan.
Seminar dimulai dengan pengenalan internet, perkembangan internet dan web semantik.

Pengenalan Internet
Internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.


Perkembangan Internet

Dalam perkembangannya, Internet semakin banyak pengguna maupun aplikasi yang tersedia untuk para pengguna, seperti e-mail, telnet, file transfer, web, chatting, vidoe-conference. Selain itu ada juga istilah WWW (World Wide Web) merupakan kumpulan server web dari seluruh dunia yang mempunyai kegunaan untuk menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama.
Selain itu, muncul berbagai aplikasi yang memudahkan bahkan menguntungkan pengguna. Seperti e-Commerce dengan :
Tidak disitu saja munculnya social network begitu menarik banyak pengguna untuk menggunakan internet. Seperti Facebook, Twitter. Belum lagi munculnya peralatan canggih seperti PC tablet, HP berbasis android, dan lain sebagainya. Semakin banyaknya pengguna, dibutuhkan perkembangan yang lebih pesat lagi untuk membantu pengguna dengan kebutuhan yang semakin banyak.


Web Semantik

Web semantik itu merupakan perkembangan dari web 3.0 yang bisa disebut sebagai evolusi dari WWW (World Wide Web), yang dicetuskan pada tahun 2002. Semantic Web didefinisikan sebagai sekumpulan teknologi, dimana memungkinkan computer memahami arti dari sebuah informasi berdasarkan metadata, yaitu informasi mengenai isi informasi (Media Iptek, 2006). Dengan adanya metadata, computer diharapkan mampu mengartikan hasil pemasukan informasi sehingga hasil pencarian menjadi lebih detail dan tepat. W3C (World Wide Web Consortium) mendefinisikan format metadata tersebut adalah Resource Description Format (RDF).


http://id.wikipedia.org/wiki/Internet
http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet
http://id.wikipedia.org/wiki/Www
http://krisnawanadikusuma.blogspot.com/2011/05/apa-itu-web-semantik.html

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © Nuri's Blog Design by Free CSS Templates | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger