Sabtu, 01 Oktober 2011

Tugas Program openGL

Tugas Komputer Grafik kali ini adalah membuat program sederhana dengan openGL. Jangan salah. openGL itu bukan sebuah bahasa pemrograman, OpenGL(Open Graphic Library) adalah sebuah library yang terdiri dari berbagai macam fungsi dan biasanya digunakan untuk menggambar sebuah objek 2D atau 3D. Selain OpenGL ada juga API lainnya, yaitu directX milik Microsoft. Tetapi directX berbayar berbeda dengan OpenGL yang open source.

DirectX lebih banyak digunakan oleh para pengembang game. Hal ini dikarenakan, DirectX tidak hanya grafik seperti OpenGL, tapi juga suara (DirectSound), Force umpan Input (DirectInput), dan lain-lain dari OpenGL di couterpart DirectX adalah Direct3D.

OpenGL biasanya digunakan dengan bahasa pemrograman C/C++, tapi bisa juga menggunakan java. Jika sudah mempunyai program C/C++ bagaimana cara agar dapat menggunakan openGL ? Jawabannya....

Untuk menggunakan openGL di C/C++ dibutuhkan openGL Utility Toolkit (GLUT). Dengan adanya GLUT ini, kita dapat menggunakan openGL. Yang dibutuhkan adalah glut.h, glut32.lib, dan glut32.dll

  • glut.h di-copy dan paste folder include yang ada pada program C/C++.
  • glut32.lib di-copy dan paste di folder lib.
  • glut32.dll di-copy dan paste di system32.
Jika sudah, maka kita dapat menggunakannya. Untuk setiap perintah diawali dengan gl. Misalnya glColor3f(R,G,B) untuk warna latar muka, glBegin(GL_TRIANGLES); untuk membuat segitiga, dan lain sebagainya.
Di bawah ini adalah hasil dari pembuatan program sederhana menggunakan openGL :


Sumber:
http://setengahkucing.wordpress.com/2009/03/04/apa-itu-opengl/
http://id.edaboard.com/topic-608016.0.html
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20090619060600AAZ1hDZ

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © Nuri's Blog Design by Free CSS Templates | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger